Mengajarkan Kecerdasan Finansial untuk Anak di Masa Covid-19

Dalam rangka memutus wabah Covid-19, kita melakukan phisical distancing. Sebagian orang tua kemudian bekerja dari rumah dan semua anak-anak harus belajar di rumah. Salah satu keluhan yang sering disampaikan oleh ibu-ibu pada kondisi ini adalah cepat ludesnya makanan atau camilan di rumah karena anaknya menjadi cepat lapar. Tapi saat ini lah bisa menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk mengajarkan kecerdasan finansial kepada anak-anak.

Saya akan membagikan salah satu permainan yang mengajarkan kecerdasan finansial untuk anak-anak dan telah kami praktikan di rumah. Kami namakan permainan ini Transaksi Uang Mandiri. Permainan ini kami contoh dari kawan dengan adaptasi seperlunya.

Aturan main Transaksi Uang Mandiri ini adalah sebagai berikut:

1. Camilan sekarang tidak gratis lagi!

2. Untuk mendapatkan uang yang akan dibelanjakan untuk camilan, anak harus bekerja atau melakukan suatu aktivitas.

3. Buatlah mata uang keluarga mandiri! Buat nominal uang yang sederhana (misal 5, 10, 20) dan bisa kita bedakan antar nominal uang dengan warna yang berbeda. Dengan metode ini, anak kami yang berumur empat tahun bisa membedakan dan menggunakan uang mandiri dengan benar. Kami menamakan mata uang mandiri kami Mollar (M-Dollar).

4. Sepakati bersama harga masing-masing jenis camilan (berikut takarannya) dan harga jasa masing-masing pekerjaan/aktivitas! Anda juga bisa menambahkan denda sebagai hukuman atas tindakan tertentu.

5. Orang tua berperan sebagai bank sekaligus kasir toko camilan. Berikan anak sejumlah uang mandiri untuk modal awal dan permainan Transaksi Uang Mandiri sudah bisa dimulai!

Permainan di atas secara tidak langsung akan membuat anak bijak dengan uang. Untuk bisa berbelanja camilan mereka harus bekerja atau melakukan sesuatu. Mereka juga akan belajar bagaimana mengatur uang dengan cermat. Dan itu adalah dasar dari kecerdasan finansial.

Untuk anak-anak yang sudah besar, permainan ini bisa dimodifikasi. Misal ada yang berbisnis restaurant (memasak). Ada yang berbisnis laundry (mencuci). Bahan-bahan yang diperlukan bisa disediakan di toko rumah. Anda bisa berkreasi sesuai dengan kondisi rumah masing-masing. Selamat mengajarkan kecerdasan finansial kepada anak-anak Anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s